Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

Disini saya akan meceritakan tentang berbagai macam organisasi yang ada lingkungan rumah saya. Salah satu organisasi yang ada dilingkungan rumah saya adalah organisasi Karang Taruna dan  organisasi Remaja Masjid.
Sedikit saya menceritakan tentang oragnisasi Karang Taruna. Karang Taruna adalah tempat pengembangan generasi muda mudi nonpartisipan,yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial untuk masyarakat khususnya generasi
muda di wilayah Desa/Kelurahan atau komunitas sosial sederajat,terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Selain menjadi pengembangan Karang Taruna dapat menjadi wadah pembinaan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan yang ekonomis yang tersedia di lingkungan rumah saya.
Karang Taruna yang berada di lingkungan rumah saya beranggotakan pemuda dan pemudi yang berusia mulai dari 11 tahun sampai 45 tahun,dan batasan pengurus karang taruna di lingkungan rumah saya berusia 17 tahun sampai 30 tahun.
Karang taruna di lingkungan rumah saya bertujuan memberikan pembinaan kepada para remaja-remaja di lingkungan rumah saya dalam bidang apapun contohnya dalam bindang keorganisasian,ekonomi,olahraga,ketrampilan,advokasi,keagamaan dan kesenian.
Berbagai macam tugas-tugas dalam mengikuti organisasi Karang Taruna.
Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama-sama  dan menganggulangi berbagai macam msalah yang bersifat preventif,rehabilitatif.
Setiap tahunnya di rt/rw saya,selalu mengadakan acara runtin contohnya pada Hari Kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustusan. Setiap tahunan anak Karang Taruna di lingkungan rumah saya menyusun acar-acara apa saja yang akan di selenggarakan bersama contoh acara-acara yang akan diadakan ialah Berbagai macam perlombaan untuk anak-anak serta buat orang dewasa juga,acara penunjangnya adalah acara malam hari dimana menjadi acara puncaknya. Semua acara ltersebut yang menyusun dari awal sampai akhur adalah anak-anak Karang Taruna.
Bukan hanya Organisasi Karang Taruna saja yang ada di lingkungan rumah saya namun ada organisasi remaja lainnya yaitu Organisasi Remaja Masjid. Organisasi ini adalah Organisasi Islam dimana dalam struktur Organisasi ini mengandung unsur agama. Remaja Masjid ialah perkumpulan pemuda dan pemudi masjid yang melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan suatu masjid.

Setiap bulannya di lingkungan rumah saya pasti ada acara pengajian baik untuk Ibu-ibu atau Bapak-bapak serta anak-anak remaja pun juga ada. Sususnan acara yang dilakasanakan dalam acara pengajian ini yang paling berperan penting ialah Organisasi Remaja Masjid. Bukan hanya itu namun bila ada acara-acara penting lainnya seperti Isra Miraj,Tahun Baru Islam,serta dalam Bulan Ramadhan pastinya banyak acara-acara yang akan di adakan itu semua yang mengurus serta menyusun susunan acaranya adalah anak-anak Remaja Masjid.
Kedua organisasi itu ialah organisasi yang ada di lingkungan rumah saya yang sangat aktif. Maka dengan mengikuti organisasi kita akan saling belajar untuk hal itu. Sedikit pengalaman saya yang saya tulis disini semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang membaca, Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN