Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi



Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya dalam mengikuti organisasi. Sebelum saya menceritakan tentang sedikit pengalaman saya dalam berorganisasi,saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu arti berorganisasi. Organisasi adalah sekelompok individu yang berstruktur secara sistematis dalam sebuah sistem yang memiliki tujuan yang sama. Dalam hal kita
mengikuti organisasi kita akan mendapatkan banyak pengalaman,belajar bersama yang saling memahami sifat atau karateristik satu sama lain,dan yang paling utama adalah kita dapat mengutamakan pendapat kita didepan orang-orang banyak. Mengikuti organisasi adalah dimana kita berlajar menjadi seorang yang bertanggung jawab dan sangat displin oleh waktu.
Saya akan menceritakan organisasi apa yang pernah saya ikuti. Sewaktu saya duduk dibangku SMP saya pernah mengikuti organisasi sekolah yang sering disebut OSIS. OSIS adalah organisasi Siswa Intra Sekolah. Pengalaman saya mengikuti organisasi ini sangatlah banyak. Saya aktif dalam organisasi ini saat saya duduk di kelas 2 SMP. Pada saat itu saya menjabat sebagai Bendahara 1. Menjadi bendahara menurut saya gampang-gampang susah. Mungkin bnayak yang berfikir kalau menjadi bendahar hanya meminta uang,mengumpulkan uang dan mencatat,setelah itu selesai. Ternyata menjadi bendahara cukuplah sulit dan ribet. Karena tugas saya waktu itu adalah membuat catatan semua kegiatan untuk bahn laporan keuangan secara berkala dan menyiapkan semua tanda bukti pembayaran kwitansi, serta mengkoordinasikan seksi Transportasi, Pendidikan, Sosial dan lain-lain. Selain itu tugas saya lainnya adalah meminta uang amal setiap hari jum’at ke kelas-kelas,atau meminta uang duka saat ada salah satu orang tua siswa yang meninggal dunia,dan yang paling mengkesankan adalah menjadi panitia MOS (Masa Orientasi Siswa).
 Terkadang saat saya mengikuti organisasi ini,saya suka ketinggalan pelajaran di kelas, tapi saya tetap senang menjalaninya dan saya bisa meminjam buku pelajaran dengan teman-teman saya atau saya bisa belajar bareng dengan mereka diwaktu kosong pelajaran. Manfaat yang saya dapatkan dalam mengikuti organisasi ini adalah saya dapat memanajemen uang (pribadi) saya dengan baik. Dan manfaat lainnya ialah ketika semua anggota OSIS sedang rapat,karena ketika rapat kita semua anggota OSIS harus berpikir bersama-sama untuk mencapai satu tujuan sama,serta dapat berlajar berbicara didepan orang banyak ini sangatlah melantih mental kita saat berbicara didepan orang lain walaupun itu ialah teman kita sendiri.
Itu adalah Organisasi pertama yang pernah saya ikuti diwaktu saya duduk dibangku SMP. Sewaktu saya duduk dibangku SMA saya pun mengikuti organisasi namun bukan OSIS organisasi yang saya ikuti tetapi oraginasi yang lebih spesifik yaitu organsiasi Biologi Club.

Organisasi Biologi Club saya ikuti ketika saya duduk dibangku SMA kelas 1,saya sangat aktif mengikuti organisasi ini. Kenapa saya sangat aktif,bukan hanya niat saya ingin berorganisasi namun pelajaran Biologi yang membuat saya ingin sekali mengikuti organisasi tersebut. Banyak pengalaman yang saya dapat dalam mengikuti organisasi tersebut,belajar tentang makhluk hidup selain manusia,belajar menajga lingkungan disekitar kita secara baik. Yang lebih spesifik lagi saya dan teman saya belajar mengenai jaringan,organ,sistem organ,individyu (keseluruhan dari sistem makhluk hidup. Itu lah sedikit cerita pengalaman saya dalam mengikuti organisasi Biologi Club.

 Belajar berorganisasi tidak bisa kita pelajari hanya dengan membaca teorinya saja namun kita harus terjun langsung dalam kegiatan organisasi tersebut. Karena semua pengalaman organisasi yang kita jalani akan menambah wawasan dan yang paling penting dalam dunia kerja nanti kita akan berkerja secara tim sama seperti cara kita ikut berorganisasi. Maka dengan mengikuti organisasi kita akan saling belajar untuk hal itu. Sedikit pengalaman saya yang saya tulis disini semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang membaca, Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN