Tutorial Class Diagram dan Sequence

1.      Buatkan diagram sequence yang menunjukkan langkah-langkah meminjam dan mengembalikan buku di perpustakaan dan berikan narasi dari diagram yang telah anda buat!

Cara meminjambuku di perpustakaan :
1. Mahasiswa memberikan KTM
2. Staff input data ke komputer
3. Komputer mencetak kartu perpus
4. Staff memberikan kartu perpus
5. Mahasiswa memberikan buku yang ingin dipinjam ke staff
6. Staff memberikan cap ke buku dan memberikan tanggal pengembalian

2.      Buatkan diagram class pada sebuah perpustakaan (minimal 4 class, setiap kelas terdiri dari minimal 3 atributdan 3 metoda) dan berikan narasi dari diagram yang telah anda buat!

Diagram di atas merupakan diagram class untuk peminjaman buku di perpustakaan. Di dalam diagram tersebut kita memiliki beberapa object diantaranya Mahasiswa, anggota, denda, transaksi, koleksi buku, petugas perpustakaan, koleksi buku, koleksi buku local dan koleksi buku asing.
Object  Anggota diatas merupakan turunan dari object mahasiswa bila ingin meminjam sebuah buku haruslah mahasiswa tersebut terdaftar menjadi anggota yang harus memiliki atribut pendukung yaitu, id_anggota dan nama anggota dan memiliki suatu aksi yaitu insert untuk menambahkan jumlah anggota untuk perpustakaan tersebut dan juga di perbaharui datanya, dan juga di delete bila ia sudah lulus dari universitas tersebut.
Petugas perpustakaan dapat melakukan transaksi pencatatan peminjaman dan pengembalian buku yang dilakukan oleh anggota perpustakaan tersebut. Lalu, di dalam sebuah transaksi kemungkinan ada sebuah denda yang dapat diberikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN