Struktur Organisasi

  Struktur Organisasi

Di dalam lingkungan masyarakat kita dapat dilihat adanya bermacam ragam bentuk organisasi.Keanekaragaman tersebut tergantungdari segi sudut pandangannya.Bila dipandang dari segi pemilikannya terdapat organisasi swasta dan organisasi pemerintahan.Dari segi bidang kegiatannya terdapat organisasi politik, organisasi masyarakat, organisasi ystem, organisasi perusahaan, organisassi olah raga, organisasi kesenian dan sebagainya.
Perbedaan yang lebih penting dari cara pebedaan tersebut di atas adalah pembedaan atas dasar wewenang, tanggung jawab, seta hubungan kerja yang terjadi di dalam organisasi yang bersangkutan.

2.1.1       Jenis-jenis Organisasi

A.    Organisasi Garis
Organisasi ini merupakan organisasi yang paling tua dan paling sederhana.Akan tetapi sampai saat ini jenis organisasi garis masih sangat popular dan sangat luas penggunaannya di kalangan praktik.Organisasi ini terutama dilaksanakan dengan ketat oleh organisasi kemiliteran, misalnya di dalam lingkungan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).


Bentuk organisasi garis dapat digambarkan dalam bentuk skema sebagai berikut:

Kelebihan yang terdapat di dalam jenis organisasi garis ini yaitu:
·         Kesatuan komando sangat terjamin sepenuhnya dalam organisasi ini karena pimpinan berada dalam satu tangan.
·         Garis komando berjalan secara tegas, tidak mungkin terjadi kesimpangsiuran, karena dalam hal ini pimpinan langsung berhubungan dengan karyawan.
·         Proses pengambilan keputusan dapat berjalan dengan cepat, karena dalam hal ini jumlah orang yang diajak untuk berkonsultasi untuk pengambilan keputusan tidak ada sama sekali, dan hanyalah pimpinan itu sendiri yang harus melakukannya.
·         Kanyawan yang memiliki kecakapan yang tinggi serta yang rendah dapat segera diketahui, begitu pula karyawan yang rajin maupun yang malas bekerja.
·         Rasa solidaritas para karyawan pada umumnya tinggi karena mereka dapat saling mengenal antara satu dengan yang lain.

Kekurangan dari organisasi garis ini adalah:
·         Seluruh organisasi terlalu tergantung kepada satu orang saja, sehingga apabila seseorang tersebut tidak mampu untuk melaksanakan tugas-tugasnya maka seluruh organisasi akan terancam kehancuran.
·         Kecenderungan pimpinan untuk bertindak secara otoriter sangat besar, karena dia sendiri sajalah yang membutat rencana yang mengomandokan rencana tersebut dan melaksanakan pengawasannya.

·         Kesempatan para karyawan untuk dapat mengembangkan keterampilan serta pengetahuan sangat terbatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN