Faktor-faktor Yang Mempengaruhi pengambilan Keputusan

A.    Dasar pengambilan keputusan:
Menurut George R.Terry dan Brinckloe disebutkan dasar-dasar pendekatan dari pengambilan keputusan yang dapat digunakan yaitu :
        1. Intuisi
Pengambilan keputusan yang didasarkan atas intuitas atau perasaan yang memiliki sifat subjektif sehingga mudah terkena pengaruh.
        2. Pengalaman
Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman memiliki manfaat bagi pengetahuan praktis, karena pengalaman seseorang dapat memperkirakan keadaan sesuatu, dapat diperhitungkan untung ruginya terhadap keputusan yang akan dihasilkan. Orang yang memiliki banyak pengalaman tentu akan lebih matang dalam membuat keputusan akan tetapi, peristiwa yang lampau tidak sama dengan peristiwa yang terjadi kini.
        3. Fakta
Pengambilan keputusan berdasarkan fakta dapat memberikan keputusan yang baik, sehat dan solid. Dengan fakta, tingkat kepercayaan terhadap pengambilan keputusan dapat lebih tinggi, sehingga orang dapat menerima keputusan-keputusan yang dibuat itu dengan rela dan lapang dada.
        4. Wewenang
Pengambilan keputusan berdasarkan wewenang biasanya dilakukan oleh pimpinan terhadap bawahannya atau yang lebih tinggi kedudukannya kepada orang yang lebih rendah kedudukannya.
        5. Logika/Rasional
Pengambilan keputusan yang berdasarkan logika ialah suatu studi rasional terhadap semua unsur pada setiap sisi dalam proses pengambilan keputusan. Pada pengambilan keputusan yang berdasarkan rasional, keputusan yang dihasilkan bersifat objektif,logis,lebih transparan,konsisten, umum memaksimalkan hasil atau nilai dalam batas kendala tertentu, sehingga dapat dikatakan mendekati kebenaran atau sesuai dengan apa yang diinginkan.

B.     Faktor-faktor pengambilan keputusan

        Fisik, ialah didasarkan pada rasa yang dialami pada tubuh, seperti rasa yang tidak nyaman, atau ada kecenderungan untuk menghindari tingkah laku yang menimbulkan rasa tidak senang dan sebaliknya memilih tingkah laku yang menimbulkan rasa kesenangan.
        Emosional, ialah didasarkan pada perasaan atau sikap orang yang bereaksi serta memahami situasi maupun kondisi yang dihadapi.
        Rasional, ialah yang didasarkan pada pengetahuan orang-orang untuk mendapatkan sebuah informasi, memahami situasi dan berbagai konsekuensinya.
        Pratikal, ialah didasarkan pada keterampilan individual yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan sesuatu. Seseorang akan menilai potensial diri serta kepercayaan dirinya melalui kemampuan dalam bertindak.
        Interpersonal, ialah didasarkan pada pengaruh jaringan sosial yang ada serta hubungan antar satu orang dengan orang yang lain dapat mempengaruhi tindakan individual.
        Struktural, ialah didasarkan pda lingkup sosial, ekonomi dan politik. Lingkungan mungkin memberikan hasil postif maupun krtikan yang negatif terhadap suatu tingkah laku tertentu. Menurut John D.Miller menjelaskan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan adalah jenis kelamin pria dan jenis kelamin wanita, peranan pengambilan keputusan, dan keterbatasan kemampuan.

Menurut saya faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan yang dialami oleh tubuh merasakan rasa tidak nyaman atau kecenderungan untuk menghindari tingkah laku yang tidak menyenangkan. Rasa tidak nyaman tersebut dapat menimbulkan emosional sesorang dalam menghadapi kondisi apapun. Dan didasarkan oleh kepercayaan diri untuk mendapatkan sebuah informasi,memahami situasi dan berbagai konsekuensinya. Dalam pengambilan keputusan merupakan proses dengan langkah-langkah tertentu sebagai upaya untuk memecahkan masalah. Tujuannya untuk pencapaian tujuan organisasi secara lancar,mudah,dan efisien. Semua faktor-faktor yang saya jelaskan di atas, ada beberapa faktor lagi dalam mempengaruhi pengambilan keputusan yaitu:
-          Adanya pengaruh atau tekanan dari luar, yang dimaksud pengaruh atau tekanan dari luar ialah. Kita dalam sebuah organisasi ingin mengambil sebuah keputusan jangan didasarkan oleh tekanan namun keputusan yang di ambil harus dari rundingan bersama.
-          Adanya pengaruh kebiasaan lama.
-          Adanya pengaruh sifat-sifat pribadi, biasanya dalam sebuah kelompok yang sedang merundingkan sebuah masalah untuk mengambil sebuah keputusan banyak yang terpengaruh oleh sifat-sifat pribadi yang mementingkan diri sendiri.
-          Adanya pengaruh dari kelompok luar dan lingkungan sosial.
-          Adanya pengaruh keadaan masa lampau.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN