FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN

FAKTOR-FAKTOR KEPEMIMPINAN

Faktor-faktor  yang  Mempengaruhi  Kepemimpinan Dalam  melaksanakan  tugas  kepemimpinan  mempengaruhi  orang  atau  kelompok  menuju  tujuan tertentu,  kita  pemimpin,  dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor. 
Faktor-faktor  yang  mempengaruhi kepemimpinan  dalam sebuah organisasi adalah  sebagai  berikut:
a. Faktor  Kemampuan  Personal
Pengertian  kemampuan  personal  adalah  kombinasi  antara  potensi  sejak  pemimpin  dilahirkan  ke dunia  sebagai  manusia  dan faktor  pendidikan  yang  ia  dapatkan.  Jika  seseorang lahir  dengan  kemampuan dasar  kepemimpinan,  ia  akan  lebih  hebat  jika  mendapatkan  perlakuan  edukatif  dari  lingkungan,  jika tidak,  ia  hanya  akan  menjadi  pemimpin  yang  biasa  dan  standar.  Sebaliknya  jika  manusia  lahir  tidak dengan potensi kepemimpinan namun mendapatkan perlakuan edukatif  dari lingkunganya  akan  menjadi pemimpin  dengan  kemampuan  yang  standar  pula.  Dengan  demikian  antara  potensi  bawaan  dan perlakuan  edukatif  lingkungan  adalah  dua  hal  tidak  terpisahkan  yang  sangat  menentukan  hebatnya seorang  pemimpin.
Menurut saya intinya faktor kemampuan personal merupakan seorang pemimpin jika yang di dasar dari awal memiliki jiwa kepemimpinan serta jika mendapatkan perlakuan yang baik dari lingkungannya pemimpin akan menjadi pemimpin yang besar.
b. Faktor  Jabatan
Pengertian  jabatan  adalah  struktur  kekuasaan  yang  pemimpin  duduki.  Jabatan  tidak  dapat  dihindari terlebih  dalam  kehidupan  modern  saat  ini,  semuanya  seakan  terstrukturifikasi.  Dua  orang  mempunyai kemampuan  kepemimpinan  yang  sama  tetapi  satu  mempunyai  jabatan  dan  yang  lain  tidak  maka  akan kalah  pengaruh.  sama-sama  mempunyai  jabatan  tetapi  tingkatannya  tidak  sama  maka  akan  mempunya pengarauh  yang  berbeda.
Menurut saya intinya faktor jabatan merupakan pengaruh yang besar karena jika ada seseorang yang memiliki kemampuan pemimpin dan memiliki jabatan itulah pemimpin yang memiliki pengaruh besar.
c. Faktor  Situasi  dan  Kondisi
Pengertian  situasi  adalah  kondisi  yang  melingkupi  perilaku  kepemimpinan.  Disaat  situasi  tidak menentu  dan  kacau  akan  lebih  efektif  jika  hadir  seorang  pemimpin  yang  karismatik.  Jika  kebutuhan organisasi  adalah  sulit  untuk  maju  karena  anggota  organisasi  yang  tidak  berkepribadian  progresif  maka perlu  pemimpin  transformasional.  Jika  identitas  yang  akan  dicitrakan  oragnisasi  adalah  religiutas  maka kehadiran  pemimpin  yang  mempunyai  kemampuan  kepemimpinan  spritual  adalah  hal  yang  sangat signifikan.  Begitulah  situasi  berbicara,  ia  juga  memilah  dan  memilih  kemampuan  para  pemimpin, apakah  ia  hadir  disaat  yang  tepat  atau  tidak.
Menurut saya intinya faktor dan kondisi yang terpenting kondisi yang melingkupi perilaku kepemimpinan yang karismatik dan berkepribadian baik dalam setiap kondisi.Intinya faktor faktor yang mempengaruhi kepemimpinan dalam sebuah organisasi memiliki peran yang sangat penting dari faktor kemampuan personal yang merupakan kemampuan yang didasari dari sejak lahir. Sedangkan faktor jabatan merupakan seorang pemimpin yang memiliki kualitas bagus serta jabatan yang bagus pula itulah pemimpin yang terpilih. Dan faktor situasi dan kondisi jika kondisi tidak baik wajib diperlukan pemimpin yang karismatik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya