Hari Terakhir Kakek

MANUSIA DAN PENDERITAAN

A.    PENGERTIAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita yang artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atu batin, atupun penderitaan lahir dan batin.
Setiap manusia didunia pasti pernah mengalami derita dalam hidupnya,hal tersebut merupaka “risiko” hidup. Tuhan memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, serta memberikan penderitaan atau kesusahan pada umatnya. Itu semua agar manusia sadar untuk tidak memalingkan dariNya. Bagi manusia yang tebal imannya musibah atau penderitaan yang dialaminya akan cepat dapat menyadarkan dirinya untuk bertobat kepadaNya dan bersikap pasrah kepadaNya.

B.    SIKSAAN
Siksaan memiliki dua macam yaitu siksaa badan atau siksaan jasmani dan dapat juga siksaan jiwa atau siksaan rokhani. Akibat dari siksaan-siksaan tersebut maka timbullah penderitaan.
Kisah ini terinspirasi dari kisah nyata yang berjudul “Hari Terakhir Kakek”.
Hari Terakhir Kakek

Saya Tika Erista memiliki seorang kakek yang sangat baik hatinya. Beliau merupakan sosok Ayah yang sempurna bagi anak-anaknya serta sosok Kakek yang sempurna bagi semua cucu-cucunya. Kakek saya yang sudah berusia 60 tahun,yang sedang terbaring lemas di rumah sakit. Karena berbagai macam penyakit yang di alami beliau,yang membuat beliau terpaksa harus terbaring kaku di tempat tidur rumah sakit.
Kencing manis,Ginjal, serta penyakit komplikasi lainnya. Itu merupakan penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh beliau. Berbulan-bulan sudah kakek melawan penyakitnya, berobat hingga keluar kota itu merupakan upaya kami sekeluarga untuk menyembuhkan penyakit kakek. Sudah banyak macam-macam obat yang diberikan dokter untuk kesembuhan kake saya, serta banyak terapi yang dijalankan untuk pengobatanb kakek, seperti cuci darah yang beliau alami setiap minggu. Itu semua bukan hanya siksaan untuk kakek saja,namun siksaan berat bagi kami semua keluarga kakek.

C.     KEKALUTAN MENTAL
Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan jiwa akibat ketidakmampuan seseorang mengahadapi masalah hidupnya.
Dalam kisah ini “Hari Terakhir Kakek”. Nampak kondisi kakek yang tidak teratur,terkadang membaik terkadang juga memburuk. Kepribadian kakek yang melemah, namun itu semua tidak membuat kakek menjadi frustasi atau membuat kakek menajadi kalut. Namun penyakit ini membuat kakek terus ingin berjuang hidup dan terus berjuang untuk mematikan semua penyakit yang ada didalam tubuhnya.

D.    PENDERITAAN DAN PERJUANGAN
Penderitaan dapat dikatakan sebagai kodrat manusia, yang artinya sudah menjadi konsekuensi manusia hidup di dunia. Bahwa ,manusia ditakdirkan hidup di dunia bukan hanya untuk bahagia melainkan juga menderita.
Dalam kisah “Hari Terakhir Kakek”. Penyakit yang di derita kakek yang membuat tubuh kakek menajadi sangat kurus, tidak membuat kakek menajadi patah semangat. Kakek terus berjuang hidup untuk melawan semua penyakitnya hingga berbagai macam cara yang telah kakek dan kami sekeluarga lakukan untuk membuat kakek sembuh. Suport kami sekeluarga untuk kakek hidup yang membuat kakek terus berjuang dan tak ingin kalah dari penyakit yang beliau derita.


E.     PENDERITAAN, MEDIA MASA. DAN SENIMAN
Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan teknologi dan sebagai lainnya membuat manusia menderita. Penyakit yang diderita kakek saya merupakan penyakit komplikasi yaitu penyakit paru-paru, lambung,liver,kencing manis. Penyakit tersebut membutuhkan penyembuhan yang sangat serius dari teknologi dokter yang modern.

F.     PENDERITAAN DAN SEBAB-SEBABNYA
Penderitaan yang timbul karena penyakit, itulah penderitaan yang dihadapi oleh kakek saya. Beliau menderita penyakit yang sangat berbahaya yaitu Komplikasi organ tubuh dalam yang terserang , dari paru-paru, liver, lambung, kencing manis. Itu semua saling bersangkutan antara penyakit yang satu dengan yang lainnya. Itu semua disebabkan dari penyakit pertama beliau dan menyebar ke organ tubuh lainnya.

G.    PENGARUH PENDERITAAN
Penderitaan yang dialami setiap menusia akan memperoleh pengaruh berbagai macam sikap, sikap negative maupun sikap positif. Sikap positif yang ditimbulkan dari kakek saya adalah kakek tidak gampang menyerah untuk bertahan hidup dan melawan semua penyakit-penyakitnya tanpa keluhan sedikitpun. Namun Tuhan berkata lain, Tuhan jauh lebih sayang terhadap kakek disbanding kita sekeluarga sehingga itulah jalan terbaik kakek.

Sumber : cerita tersebut merupakan kisah nyata dari orang terdekat sehingga menginspirasi saya dalam mengerjakan tugas ilmu budaya dasar.

Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN