Keindahan Tanjung Belandang

Manusia dan Keindahan


A.   KEINDAHAN TANJUNG BELANDANG
Objek wisata Pantai Tanjung Belandang merupakan salah satu obyek wisata yang terdekat dengan Kota Ketapang yang berjarak hanya sekitar 12 km dari pusat Kota Ketapang Kalimantan Barat kurang lebih dengan jarak tempuh 20 menit sudah sampai kepantai tersebut.Obyek WisataPantai Tanjung Belandang ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Lokasi objek wisata Pantai Tanjung Belandang ini sangat luas, sehingga sering digunakan sebagai tempat camping para pelajar dan pramuka, selain itu juga digunakan sebagai arena lomba balap motor gras strack, olahraga pantai, sepeda air dan rekreasi lainnya bagi masyarakat umum. 
Di sekitar Pantai Tanjung Belandang juga tersedia peralatan wisata outbound seperti Bambu Miring, Flying Fox, JaringTali, JembatanEgrang, JembatanGantung, Jembatan Tarzan, Lorong Tikus dan Tangga Warna, dan juga kolam renang yang sering di kunjungi warga kota ketapang setiap hari liburnya. Pantai Tanjung Belandang sangat cocok  buat wisata akhir pekan bersama keluarga.Objek Wisata Indonesia Surga Dunia.

B.   NILAI ESTETIK
Obyek wisata ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Ketapang. Pantai ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur. Di pantai ini tidak hanya pemandangannya saja yang banyak di nikmati oleh pengunjung, namun area pantai yang luas menjadikan tempat ini juga digunakan sebagai tempat untuk berkemah. Pada waktu-waktu tertentu juga di gelar acara kejuaraan balap motor Grasstrack di pantai ini. Beberapa olahraga pantai juga bisa di nikmati dipantai ini.
Di kawasan pantai ini terdapat fasilitas berupa kolam renang. Kolam renang ini biasanya ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang dating bersama anak-anaknya. Fasilitas umum berupa toilet juga telah tersedia di sini. Beberapa warung makan pun juga bisa di temukan di kawasan pantai ini. Selain itu, terdapat juga beberapa wahana outbond yang bisa di nikmati oleh pengunjung seperti flying fox, jaring tali, jembatan gantung, bambu miring dan lain-lain.

C.     KONTEMPLASI DAN EKSTANSI
Keindahan pantai tanjung belandang sangatlah bagus untuk di kunjungi oleh para wisatawan dunia. Nilai keindahannya terlihat dari bentuk pantai yang terlihat seperti dermaga karena  terdapat jembatan panjang yang membentang di pinggir pantai,dan terkadang ada perahu kayu yang bersandar di tepi pantai. Itulah yang membuat pantai tanjung belandang menjadi unik dan banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut.

D.   KEINDAHAN MENURUT PANDANGAN ROMANTIK
Selain panorama alam yang indah, tempat inijuga merupakan tempat habitat penyu. Aneka jenis penyu seperti penyu belimbing, penyu hijau, penyu sisik dan totong banyak terdapat dikawasan ini.Pasir putih membentang, air laut berwarna biru gemerlap. Sangat wajar bila kemudian Pulau inidijuluki Pulau Bidadari.
Aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat di Pulau Sawi Kendawangan yang bekerja sebagai nelayan,ternyata pulau tersebut juga menyimpan banyak epesona. “Keindahan pantainya yang jernih dengan pasir pantai yang putih bersih dan hamparan batu karang membuat takjub pandangan mata seakan tak ingin melepaskan pandangan, disamping itu kawasan ini juga kaya dengan berbagai jenisikan”.

E.   KESERASIAN
Pantai Tanjung Belandang yang berada di Kabupaten Ketapang ini memiliki potensi yang sangatbesar untuk bidang pariwisata. Selama ini pantai ini hanya terkenal di kalangan para wisatawan lokal karena kurangnya promosi mengenai pantai ini. Sebenarnya pantai ini sangat layak untuk dikembangkan karena memiliki pemandangan yang sangat indah dan membuat para pengunjung ingin datang kembali kepantai ini.
Apabila mengunjungi datang ke Pantai Tanjung Belandang ini maka anda harus memastikan bisa menikmati semua keindahan yang ada di pantai ini. Anda bisa berenang di Pantai Tanjung Belandang ataupun hanya sekedar menikmati keindahan pantai. Jika anda memang menyukai wisata kuliner maka anda bisa datang ke kedai-kedai yang berada di sekitar pantai ini.

SUMBER :







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN