Melihat uniknya Suku Dayak - revisi

KEBUDAYAAN SUKU DAYAK



A.MANUSIA  
Keragaman suku Dayak sudah terkenal sampai ke punjuru Dunia itu sebabnya banyak wisatawan mancanegara yang datang berlibur ke Indonesia untuk melihat keindahan-keindahan alam dan keunikan budaya di Indonesia. Bukan hanya keindahan alam saja yang dimiliki oleh Indonesia,namun keramahan orang-orang Indonesia yang membuat para wisatawan asing senang berlibur di Indonesia. Terutama keramahan yang dimiliki oleh masyarakat suku dayak,masyarakat suku dayak sangat menjunjung tinggi kebersamaan. Masyarakat suku dayak hidup bersama saling membantu antara satu dengan yang lainnya,saling membantu dalam hal apapun contohnya dalam bekerja.

B. HAKEKAT MANUSIA
a.    Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna,manusia tidak akan hidup kekal dan abadi diDunia. Karena manusia diciptakan oleh Tuhan dan akan kembali lagi Kepada-Nya,masyarakat suku dayak yakin dan percaya bahwa manusia yang meninggal jiwanya akan terlepas dari tubuh dan akan kembali lagi Kepada-Nya.

b.   makhluk ciptaan TUHAN yang paling sempurna,jika dibandingkan makhluk lainnya.
Masyarakat suku dayak merupakan masyarakat yang sangat menjunjung nilai budaya,tak lepas dari suku dayak yang memiliki nilai-nilai budaya yang sangat kental. Sebab manusia terlahir ke dunia ini memiliki akal pikiran serta perasaan yang melekat dalam jiwa masnusia itu sendiri.

c.    Makhluk ciptaan Tuhan yang terkait dengan lingkungan,mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.
Hidup manusia mempunyai tiga taraf,yaitu estetis,etis,dan religius. Masyarakat suku dayak memiliki jiwa estetis,dimana jiwa estetis merupakan kemampuan untuk menunjukan sebuah kelebihan yang suku dayak miliki untuk diperlihatkan ke mata Dunia.



C.  KEPRIBADIAN SUKU DAYAK
Secara umum sifat dan suku dayak terhadap alam adalah bersahabat, dan dari tempaan alam yang sulit diduga, membentuk sebuah karakter waspada, tidak mampu berpura-pura dan apa adanya. Terhadap orang asing, orang dayak tidak begitu saja percaya. Akan tetapi, apabila kepercayaan telah tumbuh, mereka akan sangatbersahabat dan terbuka.
Orang dayak tidak mudah menerima hal baru, sebelum benar-benar meyakininya. Bagi mereka, baik adalah baik dan tidak kenal kebaikan bertopeng. Serangan diplomatis tidak dianggap sebagai musuh, kesadaran baru muncul ketika dampak kebaikan bertopeng muncul langsung dihadapan mereka.
Bahasa dayak, khususnya bahasa dayak ngaju sebagai linguafranca tidak mengenal kosa kata ungkapan rasa’ terimakasih’. Rasa terimakasih diungkapkan dalam sikap dan perbuatan, serta rasa hormat yang mendalam. Semua kebaikan yang telah mereka terima akan tersimpan rapi dalam lubuk hati yang terdalam. Bahkan dalam setiap kesempatan, mereka akan menceritakan pada anak turunnya.

D.  PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Kebudayaan Suku Dayak merupakan kebudayaan yang begitu unik,kebudayaan suku dayak untuk membentuk masyarakatnya dengan pendidikan internal. Ini berarti bahwa budaya dan adat istiadat tengah membentuk dan telah membudaya dalam kehidupan masyarakat Dayak. Bukan sekedar kepemilikan genetik melalui perwarisan biologis yang ada dalam tubuh manusia Dayak sendiri. Tetapi diperoleh melalui proses pembelajaran dari generasi ke generasi.

E.       UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
1.      Sistem Religi
Masyarakat suku dayak merupakan masyarakat yang sangat menjunjung nilai keagamaan. Berbagai macam agam-agama yang dianut masyarakat suku dayak yaitu Islam,Kristen,Katolik,Budha danHindu. Namun mayoritas Agama yang di anut suku dayak yaitu Kristen,Katolik dan Hindu Kaharingan.

2.      Sistem Organisasi Kemasyarakatan
Masyarakat suku dayak menjunjung nilai idealisme,masyarakat suku dayak memiliki adat istiadat yang unik, misalkan ini terlihat dalam berbagai upacara adat yang dilakukan sesuai dengan siklus kehidupan. Contohnya, perkawinan, kelahiran, dan kematian. Hal tersebut seiring dengan pengaturannya dalam upacara adat terkait. Itu semua disusun oleh organisasi kemasyarakatan suku dayak dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kehidupan mereka.

3.      Sistem Pengetahuan
Masyarakat suku dayak merupakan masyarakat yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas,contohnya pengetahuan untuk menarik wisatawan asing untuk datang ke Kalimantan Tengah khususnya melihat berbagai macam keunikan yang dimiliki oleh suku dayak dan masyarakat suku dayak itu sendiri.

4.      Sistem Mata Pencarian Hidup
Mata pencaharian hidup suku dayak yaitu Bertani,Mencari buruan,Serta Pegawai dan Karyawan.

5.      Bahasa
Bahasa daerah di Kalimantan Tengah terdiri dari puluhan, bahkan ratusan bahasa Dayak. Namun, dalam pergaulan sehari-hari, bahasa yang kerap digunakan adalah bahasa Dayak Ngaju, Dayak Maayan, Dayak Kapuas, bahasa Jawa, dan bahasa Banjar.
6.      Kesenian

Terdapat nilai-nilai seni yang dimiliki masyarakat suku dayak,salah satunya yaitu Tarian. Dalam pandangan nama, tarian ini menggunakan salah satu senjata yang merupakan pedang dan talawang (perisai) khas Dayak. Tari Mandau juga dibagi menjadi berbagai jenis gerakan sesuai dengan wilayah suku Dayak yang ada. Menurut masyarakat suku dayak itu sendiri Mandau adalah simbol dari semangat masyarakat Dayak dalam membela harkat dan martabat. Hal ini juga melambangkan suku Dayak dalam menjelaskan kejantanan para pria dalam menghadapi segala macam tantangan dalam aspek kehidupan lainnya. Dalam setiap acara Mandau didampingi irama suara Gandang dan Garantung yang terdengar lantang.Harmonisasi irama musik tradisional menimbulkan suasana penuh semangat.

F.       WUJUD KEBUDAYAAN
Dalam kehidupan masyarkat suku dayak budaya-budaya yang mereka miliki sangat bernilai positif,nilai positif itulah yang ditunjukan kepada berjuta-juta mata di Dunia. Contohnya dari aktifitas-aktifitas yang sering dilakukan masyarakat suku dayak yang saling  berinteraksi satu sama yang lainnya.
Aktifitas-aktifitas yang mereka lakukan tak lepas dari penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai suatu tujuan. Itu semua memiliki hubungan yang saling erat.

G.      ORIENTASI NILAI BUDAYA
Setiap kebudayaan memiliki nilai-nilai yang berbeda,begitu pula kebudayaan suku dayak. Suku dayak memiliki nilai-nilai budaya yang unik,contohnya dari adat istiadat masyarakat suku dayak,falsafah hidup masyarakat suku dayak,serta sisi religi maupun kesenian mereka. Itu semua memiliki nilai budaya yang sangat mahal.

H.       PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Masyarakat dan kebudayaan dimanapun selalu ada dalam perubahan,artinya terjadi hubungan antar kelompok manusia di dalam masyarakat itu sendiri. Contohnya perubahan jumlah penduduk di Suku Dayak, perubahan lingkungan alam maupun fisik yang berhubungan langsung dengan masyarakat maupun kebudayaan lain,serta perubahan dari unsur-unsur budaya asing yang mempengaruhi kebudayaan suku dayak. Dan masyarakat-masyarakat suku dayak yang gampang menerima unsur-unsur baru dari budaya luar.

I.          KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya,kita tidak dapat membedakan mana yang lebih awal muncul manusia atau kebudayaan. Karena tanpa kebudayaan manusia tidak dapat berkembang maupun mengembangkan suatu hal yang dapat di perlihatkat,begitu juga tanpa manusia kebudayaan tidak akan tercipta. Maka dari itu walaupun manusia dan kebudayaan berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Begitulah yang terjadi dalam kebudayaan suku dayak,saling memilki hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya.
J.        KESIMPULAN
Beragam-ragam budaya di Indonesia. Pada Kalimantan terdiri dari beberapa bagian seperti, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan terdiri juga dari beberapa suku.Dalam suku Dayak memiliki cirri khas tarian yaiu Tari Mandau yang memiliki senjata pedang dan talawang (perisai) dan diiringi suara music yang harmonis sehingga membuat suasana menjadi lebih semangat. Serta mempunyai arti lambang yang sama yaitu Garantung (gong) adalah lambang bahwa masyarakat Kalimanta menjunjung tinggi kesenian, kebudayaan, berpandangan optimis dalam menghadapi berbagai tugas dalam suasana gotong royong sebagai lambang persatuan dan kesatuan.

SUMBER :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN