MANUSIA DAN KEADILAN


MANUSIA DAN KEADILAN

A.      PENGERTIAN KEADILAN
Keadilan adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan di artikan sebagai titik tengah diantara ke dua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Keadilan secara garis besar adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Sebagai contoh, seseorang yang menuntut hak kenaikan upah gajinya sesuai dengan usaha kerjanya.

Macam-macam Keadilan :

·         Keadilan Legal atau Keadilan Moral
Keadilan yang timbul karena penyatuan dan penyesuaian untuk memberi tempat yang selaras kepada bagian-bagian yang membentuk suatu masyarakat. Keadilan akan terwujud bila dalam setiap anggota masyarakat melakukan fungsinya secara baik menurut kemampuannya. Ketidakadilan terjadi apabila ada campur tangan terhadap pihak lain yang melaksanakan tugas-tugas yang akan memciptakan pertentangan dan ketidakserasian.

·         Keadilan Distributif
Merupakan keadilan akan terlasana bilamana hal-hal yang sama diperlukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama secara tidak sama.

Kasus Koruptor Seorang Sri Ummiyati Hartiningsih

Tersangka korupsi Sri Ummiyati Hartiningsih yang mendapat perlakuan spesial. Untuk menjalani pemeriksaan penyidik pidana khasus pada kejaksaan Negeri Malang, mereka harus menjemput Sri Ummiyati Hartiningsih dengan pesawat terbang. Tak tanggung-tanggung, tiket pesawat terbang di sediakan langsung bagi Sri. Karena seorang mantan anggota DPRD Malang tersebut telah dua kali mangkir untuk diperiksa. Memang kendaraan tersebut sengaja digunakkan untuk menjemput Sri karena keberadan Sri yang di luar kota yaitu di Palu, Sulawesi Tengah.

Namun itu semua tidak adil karena seorang koruptor yang diperlakukan hebat oleh kejaksaan,walaupun keberadaan mereka yang sedang di luar kota. Seharusnya pihak kejaksaan tidak perlu langsung menyediakan tiket pesawat pulang-pergi untuk seorang koruptor. Karena ini telah membuat Keuangan Negara sangat merugi. Seorang koruptor benar harus di hukum seberat-berat tanpa harus melihat dia itu siapa. Karena bukan hanya keuangan Negara aja yang merugi namun semua rakyat Indonesia pun dirugikan. Mereka telah memakan uang rakyat,uang yang seharusnya untuk fasilitas rakyat seperti membangun jalanan,membangun sekolah,membangun fasilitas penting lainnya.

Maka dari itu, kasus Sri Ummiyati Hartiningsih seharusnya menjadi sebuah cerminan untuk pemerintah. Untuk lebih tegas dalam menghadapi masalah korupsi yang merajalela di Negara Indonesia,bukan hanya bisa bersikap tegas namun sewajarnya para koruptor harus di hukum seberat-beratnya.

OPINI              : Menurut pendapat saya. Oleh karena itu Pemerintah harus bersikap adil oleh para penjahat dunia yang merajalela di dunia politik (koruptor). Tidak perlu memandang siapapun dia. Kunci untuk memberantas penjahat dunia adalah harus Adil.

KESIMPULAN :  Intinya Seorang koruptor Sri Ummiyati Hartiningsih yang mendapatkan perlakuan spesial dari kejaksaan pada saat ingin di periksa. Ia sengaja di jemput mengguanakan pesawat. Itu semua merupakan ketidakadilan pemerintah terhadap seorang penjahat.
B.      KEJUJURAN
Kejujuran merupakan perkataan dari sesorang yang sesuai dengan hati nuraninya apa yang dikatakannya sesuai dengan kenyataan yang ada. Jujur juga berarti seorang yang memiliki hati yang bersih dari perbuatan yang dilarang agama maupun dilarang hukum.

C.      KECURANGAN
Kecurangan merupakan tindakan ketidakjujuran atau tindakan licik,meskipun tidak serupa benar. Kecurangan memiliki arti yang berlawanan dengan kejujuran, perkataan yang tidak sesuai dengan hati nurani.

Pada kasus yang saya ceritakan yaitu sebuah koruptor yang mendapat perlakuan spesial dari pihak kejaksaan. Iitu merupakan kecurangan, karena seorang koruptur adalah seorang penjahat yang harus di hukum seberat-beratnya,tanpa harus membandingkan dia itu siapa dan berasal darimana. Hukum itu harus adil dan jujur.

D.     PEMULIHAN NAMA BAIK
Pemulihan nama baik merupakan pembersihan nama dari sebelumnya namanya sudah di pandang jelek karena sikap atau masalah yang membuat namanya jelek.
Pemulihan nama baik dilakukan dengan cara harus bertobat dan minta maaf tidak hanya dibibir, melainkan harus bertingkah laku lebih baik dari sebelumnya.




E.      PEMABALASAN
Pembalasan merupakan suatu reaksi atau perbuatan orang lain atau sekelompok orang. Reaksi itu dapat beruba perbuatan yang serupa atau tingkah laku yang seimbang.

Link :
-          Buku Ilmu Budaya Dasar Bab 7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN