Tugas 1 "Komunikasi"

KOMUNIKASI



Kata komunikasi berasal dari bahasa Latin communication yang berarti ‘pemberitahuan’ atau ‘pertukaran pikiran’. Jadi, secara garis besar, dalam suatu proses komunikasi haruslah terdapat unsur-unsur kesamaan makna agar terjadi suatu pertukaran pikiran dan pengertian antara komunikator (penyebar pesan) dan komunikan (penerima pesan). Komunikasi merupakan proses penggambaran siapa mengatakan apa dan dengan cara seperti apa,kepada siapa dan dengan efek apa. Berkomunikasi merupakan cara penting dimana seseorang untuk berinteraksi  yang memiliki arti antara sesama manusia.
Komunikasi berarti suatu cara atau suatu hubungan antarmanusia dilakukakan dengan mengartikan simbol-simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang. Interaksi dalam berkomunikasi menggunkan sistem simbol linguistik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan nonverbal. Sistem ini dapat di sosialisasikan secara langsung atau bertatap muka melalui media lain (tulisan, oral, dan visual).
Dari beberapa definisi tentang komunikasi , maka dapat di golongkan ada tiga pengertian utama komunikasi yaitu pengertian secara etimologis, terminologis, dan paradigmatis.
a.       Secara etimologis, komunikasi yang berasal dari bahsa Latin ‘communicatio’ dan perkataan ini bersumber pada kata ‘communis’ yang berarti sama makna mengenai sesuatu hal yang dikomunikasikan.
b.      Secara terminologis, komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain.
c.       Secara paradigmatis, komunikasi berarti pola yang meliputi sejumlah komponen berkorelasi satu sama lain secara fungsional untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Contohnya adalah ceramah, kuliah, dakwah, diplomasi, yng merupakan suatu komunikasi secara lisan atau penyampaian komunikasi secara langsung (berbicara). Demikian pula pemberitahuan surat kabar dan majalah, penyiaran radio dan televisi atau pertunjukan film di gedung bioskop, dan lain-lain.
Dari semua pengertian mengenai ‘Komunikasi’ di atas. Kesimpulan dari saya, komunikasi merupakan cara seseorang dalam berinteraksi untuk mengenal seseorang atau orang lain untuk mencapai tujuan yang baik. Komunikasi sebagai suatu sistem yang disusun sebagai sumber,pesan,dan tingkah laku untuk mendapatkan berita atau informasi antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif. Misalnya, komunikasi antarmanusia dapat meliputi suatu proses pertukaran pesan di antara seorang anak ldan ayahnya, seorang atasan dan karyawannya, dua orang bersaudara, seorang guru dan seorang muridnya, dua orang sahabat, dan sebagainya. Intinya komukasi itu penting bagi siapapun jika kita sebagai manusia tidak berkomunikasi maka kita akan rugi karena tidak dapat mengenal siapapun maupun kurang pengetahuan.
Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN