Tugas 2 "Proses Komunikasi"

PROSES KOMUNIKASI



Proses komunikasi menurut saya adalah setiap langkah mulai dari saat menciptakan informasi sampai di pahami oleh komunikan. Komunikasi adalah sebuah proses, sebuah kegiatan yang berlangsung kontin. Joseph De Vito (1996) mengemukakan komunikasi adalah transaksi. Hal tersebut hal tersebut dimasudkan bahwa komunikasi merupakan suatu proses, di mana komponen-komponen saling terkait. Bahwa para pelaku komunikasi beraksi dan bereaksi sebagai satu kesatuan dan keseluruhan.
Dalam aplikasinya, langkah-langkah dalam proses komunikasi adalah sebagai berikut :















                                                                                                   
1.      Langkah pertama, ide atau gagasan dalam berkomunikasi diciptakan oleh komunikator
2.      Langkah kedua, ide yang diciptakan tersebut kemudian menjadi lambang-lambang dari komunikasi.
3.      Langkah ketiga, pesan dikirimkan melalui saluran atau media sesuai dari lambang-lambang komunikasi .
4.      Langkah keempat, penerima isi pesan sesuai gimana mengartikan maksud dari pesan tersebut.
5.      Langkah kelima, apabila pesan sudah terkirim,maka penerima pesan akan mengirim pesan kembali.



Jenis Komunikasi di bagi menjadi macam yaitu :
a.       Komunikasi Lisan, komunikasi lisan ternyata tidaklah semudah yang kita bayangkan. Simbol atau pesan lisan adalah semua jenis simbol menggunakan satu kata atau lebih. Semua rangsangan yang kita sadari termasuk ke dalam kategori pesan lisan yang di sengaja, yaitu usaha-usaha yang dilakukan secara sadar untuk berhubungan dengan orang lain secara lisan.
Komunikasi lisan secara langsung merupakan komunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung.
Komunikasi Lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon,handphone dan lainnya sebagai alat pembicara untuk berkomunikasi.
b.      Komunikasi Tulisan, komunikasi tulisan yang dilakukan dengan perantara tulisan tanpa adanya pembicara secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan dapat berupa surat-menyurat,surat kabar,majalah dan buku-buku.

Semua proses komunikasi sangatlah penting untuk kita berkomunikasi,karena berkomunikasi dengan baik dan sopan membutuhkan proses ataupun tata cara yang sangat benar. Jika kita tidak menggunakan proses atau tata cara komunikasi yang benar maka komunikasi kita akan berjalan tidak baik.
Dengan tujuan komunikasi terbagi menjadi dua,antara komunikasi lisan maupun komunikasi tulisan. Menjelaskan bahwa berkomunikasi memiliki berbabagi macam cara, dengan cara bertatap muka langsung ataupun berkomunikasi melalui pesan singkat (message). Itu semua merupakan jenisa komunikasi yang dilakukan antar manusia untuk mengenal satu sama lain atau untuk mendapatkan berita (informasi) secara efektif.

Sumber :
·         Ilmu komunikasi suatu pengantar, Penulis Deddy Mulyana, M.A.,Ph.D,Penerbit PT Remaja, Rosdakarya,2001

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN