Tugas 3 "Komunikasi Efektif"

Bagaimana caranya sehingga manusia dapat mencapai komunikasi yang efektif ?
Komunikasi ialah upaya bagaimana kita mendapatkan perhatian, kepedulian, simpati, tanggapan yang baik maupun respon positif dari orang lain.
Respect, respect merupakan cara berkomunikasi dengan baik karena pada prinsipnya manusia ingin dihargai dan dianggap penting oleh siapapun. Bahkan saat kita ingin mengkritik atau memberi saran terhadap orang lain lakukanlah dengan respect terhadap harga diri, karena prinsip manusia ialah kebutuhan untuk di hargai oleh orang lain.
Empati, empati merupakan kemampuan untuk mendengar dan bersikap baik dalam menerima masukan ataupun umpan balik apapun itu yang bersikap positif. Rasa empati kita untuk menyampaikan pesan dengan cara dan sikap yang baik akan memudahkan penerima pesan untuk menerimanya.
Audible, merupakan pesan yang akan kita sampaikan dapat di terima oleh penerima pesan. Dalam komunikasi personal hal ini mengacu pada cara atau sikap dalam penyampaian pesan yang dapat diterima oleh penerima pesan.  
Namun pada dasarnya dalam berkomunikasi yang terpenting adalah rasa saling percaya. Jika sudah ada rasa saling percaya untuk menyampaikan sesuatu akan lebih mudah untuk di terima dengan baik. Untuk mencapai tujuan dalam berkomunikasi dengan baik, ada berbagai cara yang harus diterapkan yaitu :
·         Menilai orang lain, bagaimana kita menghargai orang lain dengan baik.
·         Mendengarkan secara aktif, bagaimana kita berusaha keras untuk memahami keinginan dan mengerti masalah orang lain, dan mendengarkan cerita orang lain dengan baik.
·         Konsisten, bagaiamana kita bisa mengendalikan suasana yang baik dan berlaku adil.
·         Bijaksana, kita harus bijaksana dalam memberikan kritik atau saran dengan dan benar.
·         Mengakui kesalahan, kita mampu mengakui kesalahan yang kita buat.
·         Memberikan contoh yang baik dan melakukan apa yang di harapkan oleh orang lain.
·         Menggunakan bahasa yang baik, saat kita berkomunikasi kita wajib menggunakan tutur bahasa yang baik,lembut, dan sopan. Dan menggunakan bahasa yang jelas saat di ucapkan
·         Sikap yang baik, memiliki sikap yang ramah terhadap orang lain.
·         Memiliki hubungan yang baik, berkomunikasi dengan efektif memerlukan hubungan sosial yang baik. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan hidup sendirian pasti akan membutuhkan orang lain.
Dari semua yang saya jelaskan di atas, kita dapat menarik sebuah kesimpulan dari bagaimana cara kita dapat berkomunikasi jdengan baik atau secara efektif. Kita sebagai manusia yaitu makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian dan membutuhkan orang lain, kita wajib mengenal atau saling mengenal anatara satu dengan yang lainnya. Untuk kita mengenal antara satu dengan yang lainnya dibutuhkan komunikasi. Membutuhkan komunikasi yang baik agar mendapatkan sesuatu yang baik pula. Komunikasi yang baik ialah dimana kita berbicara dengan seseorang dalam kita berbicara atau berucap kita harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan, serta menggunakan bahasa yang jelas. Maka dari itu cara komunikasi yang baik dan efektif sangatlah penting untuk kita gunakan dalam berkomunikasi. Apalagi saat kita berkomunikasi dalam bidang bisnis,komunikasi yang efektif sangat kita butuhkan saat berbicara di depan orang banyak dan membawa nama perusahaan. Itu semua merupakan cara bagaimana kita sebagai manusia harus berkomunikasi dengan baik.
Ilmu komunikasi suatu pengantar, Penulis Deddy Mulyana, M.A.,Ph.D,Penerbit PT Remaja, Rosdakarya,2001.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN