DESKRIPSI DIRI

Perkenalkan nama saya Tika Erista biasa di panggil tika, saya lahir pada tanggal 6 Juni 1996 di Kalimantan Barat tepatnya di kota Ketapang. Saya lahir di Rumah Sakit Fatimah di kota Ketapang, awalnya nama saya bukan Tika Erista melainkan Chika Erista cerita yang unik tentang nama saya. Pada saat saya lahir Ibu nya memberikan nama Chika Erista, namun Ayah saya tidak setuju dengan itu karena namanya susah dipanggil dan kurang bagus katanya. Akhirnya nama itu dibatalkan dan nama saya menjadi Tika Erista. Bukan hanya saat pemberian nama saja yang unik melainkan ketika saya lahir, pada saat itu Ibu saya cerita yang membantu Ibu melahirkan saya adalah seorang biarawati yang bernama Nurbeta, biarawati yang memiliki tubuh tinggi, cantik,dan  putih , dia merupakan biarawati asli Jerman yang bekerja di Rumah Sakit Fatimah di Kota Ketapang. Ketika saya pertama kali mendengarkan cerita itu dari Ibu saya,saya bilang ke Ibu saya “Ma aku ingin sekali bertemu dengan biarawati Nurbeta” namun sayang sekali dia udah kembali ke Negara asalnya yaitu Jerman.
Saya ini merupakan anak pertama dari 3 bersaudara,saya memiliki 2 orang adik laki-laki dan perempuan. Adik pertama saya adalah laki-laki dan yang kedua adalah perempuan, jarak usia saya dan adik pertama cukup jauh yaitu 7 tahun dan yang paling jauh dengan adik kedua saya yaitu 17 tahun. Adik pertama saya yang bernama Dwiki Darmawan dan adik perempuan saya bernama Raisa Khanza Saputri. Sedikit bercerita tentang kesukaan saya yang menggemari musik India, musik yang sedikit jadul dan tipe nya seperti musik dangdut di Indonesia. Banyak yang tertawa ketika saya bercerita kalau saya sangat menyukai musik India atau lagu-lagu India, bahkan bukan hanya lagu-lagu nya saja tapi saya juga sangat menyukai film-film India. Sudah banyak film India yang pernah saya tonton,pada saat tahun 2004 ketika itu saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar salah satu film yang baru muncul dan film itu sangat terkenal di seluruh dunia judul film nya adalah Kuch Kuch Hota Hai yang artinya ‘Ada Sesuatu Antara Kita’. Film tersebut di bintangi oleh raja bollywood yaitu Shah Rukh Khan, Kajol Devgan dan Rani Mukherji, ke tiga artis tersebut sangatlah terkenal dan populer pada era nya sampai sekarang. Bukan hanya 1 atau 2 film saja yang saya suka melaikan lebih dari 10 film yang menjadi film favorit saya. Ada film Khabi Kushi Khabi Gham,  Mujhe Dhosti Karoge, Kha Hona Pyar Hai, dan masih banyak lagi. Sudah sekitar 11 tahun saya menyukai film dan lagu India, sebenarnya bukan hanya itu saja melainkan tentang Negara India, kebudayaannya,adat istiadat nya, makanannya sampai ke pakaiannya pun saya sangat menyukai. Sehingga saya memiliki 1 baju dan baju itu adalah baju India, walaupun bukan kain sari tapi baju itu langsung di Import dari BumBay India.
Setelah bercerita tentang kesukaan saya sekarang saya akan bercerita tentang pendidikan saya. Sekarang usia saya adalah 19 tahun, dan sekarang saya adalah seorang mahasiswi yang kuliah Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi semester 5. Banyak yang bertanya kepada saya kenapa saya memilih kuliah di Universitas Gunadarma? dan mengambil jurusan Sistem Informasi? dulu alasan pertama karena Ayah saya. Ayah menginginkan saya kuliah di bidang IT kampus tersebut karena kampus tersebut merupakan kampus terbaik di bidang IT nya tapi itu dulu sekarang alasan saya berganti saya memilih jurusan ini karena keinginan saya sendiri. Menurut saya, jurusan sistem informasi akan sangat dibutuhkan di dunia pekerjaa karena setiap Perusahaan pasti membutuhkan orang yang ahli di bidang sistem informasi dan kalau pun tidak bekerja, lulusan sistem informasi dapat membuat lapangan pekerjaan sendiri. Karena ilmu teknologi sangat luas sampai bisa mendunia. Walaupun ini bukan cita-cita saya dari kecil tetapi saya wajib serius menjalaninya. Saya akan berceriata awal cita-cita saya,dulu ketika saya duduk di bangku Sekolah Dasar saya sempat bingung saat di tanya oleh guru saya “tika apa cita-cita mu?” saya menjawab “banyak bu” walaupun sebenarnya waktu itu saya belum tahu apa saja cita-cita saya. Tetapi ketika saya  duduk di kelas 3 SD saya cukup banyak memiliki cita-cita yaitu salah satu nya adalah menjadi seorang Dokter. Kenapa saya memilih menjadi seorang dokter? karena saya ingin sekali bisa menyembuhkan orang-orang yang sakit,jika ayah dan ibu saya sakit tidak perlu ke rumah sakit karena ada saya yang bisa menyembuhkan mereka,bukan hanya itu alasan saya melainkan saya melihat kerapihan seorang dokter yang memiliki seragam serba putih,dan selalu ada alat yang menggantung di lehernya, lucu ya alasan saya yang menginginkan menjadi seorang dokter.
Selain cita-cita saya juga memiliki hoby dan hoby saya bukan hanya satu melainkan banyak sekali. Salah satunya yang suka adalah Basket,saya senang sekali dengan hobby saya tersebut apalagi saat olahraga basket di sekolah itu sangat menyenangkan sekali. Selain hoby basket waktu saya SD saya juga menyukai mewarnai, mewarnai apa?mewarnai apa aja yang penting indah. Saat itu ada lomba mewarnai kaligrafi dan sangat tidak menyangka sayang mendapatkan Juara 3, sebenarnya sangat tidak percaya karena banyak sekali yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan punya saya, namun percaya tidak percaya saya memang mendapatkan juara 3. Pada saat itu pertama kalinya saya mendapatkan sebuah piala dan penghargaan. Ketika saya duduk di bangku SMP saya pernah mengikuti turnamen basket antar sekolah. Ya walaupun tidak menang saya cukup mendapatkan banyak pengalaman, bukan hanya pengalaman bermain basket namun peengalaman bersosialisasi dengan banyak orang dan bertanggung jawab dengan 1 tim. Hoby itu tidak berhenti saat saya selesai turnamen melainkan hoby itu terus berjalan sampai pada suatu hari Ayah saya membelikan saya bola basket. Tapi sayang ketika saya masuk sekolah SMA hoby itu sedikit demi sedkit menghilang mungkin karena sudah banyak kegiatan yang jauh lebih penting jadi saya jarang sekali bermain basket lagi. Saya lebih fokus dengan masa depan saya karena di SMA lah saya harus menentukan apa yang akan saya pilih dan saya kejar, kembali ke cita-cita yang sangat saya ingin kan yaitu menjadi seorang Dokter. Disaat saya duduk dibangku kelas 3 SMA pada saat itu sebelum pengunguman kelulusan sema siswa dan siswi harus mengikuti SNMPTN yang harus memilih Universitas mana yang akan di pilih,namun sebelumnya ada sebuah Progress Prima Indonesia yang datang ke sekolah kami dan menjelaskan tentang kesempatan untuk kami berkuliah di Luar Negeri dan dapat beasiswa full disana.
Sebelumnya awal saya masuk SMA salah satu guru bimbingan konseling saya menjelaskan kalau kami bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Luar Negeri dengan jurusan apapun, dan ternyata disaat kelas 3 SMA datanglah kesempatan tersebut,awal pertama masuk saya menginginkan sekali bisa kuliah di Jerman dengan jurusan kedokteran. Pada saat itu saya langsung mengikuti bimbingan dengan Guru bimbingan konseling saya,bertanya-tanya tentang bagaimana saya bisa mengikuti Progress Prima Indonesia?karena saya mempunyai tujuan ingin sekali bisa kuliah di kedokteran di Jerman. Saya banyak mendapatkan informasi untuk tujuan ini, sehingga saya menyampaikan keinginanan ini ke kedua Orang Tua. Awalnya orang tua menyetujui keinginan saya, namun karena ada kesalahan info dan banyak yang di fikirkan oleh kedua orang tua keinginan saya batal. Semua yang saya impikan saya yang ingin kuliah kedokteran di Universitas yang saya impikan batal semuanya. Rasa kecewa itu pasti ada namun itu semua tidak membuat saya berhenti untuk mengejar cita-cita saya, mungkin untuk kuliah kedokteran di Jerman batal namun tidak membuat saya berhenti bermimpi untuk tetap mengejar cita-cita saya kuliah di Jerman. Akhirnya orang tua saya menginginkan saya untuk kuliah di Universitas Gunadarma yang terkenal dengan dunia IT nya, saya mendaftar kuliah di sana di Jurusan Sistem Informasi,keinginan tersebut merupakan keinginan Ayah saya namun sekarang menjadi keinginan saya juga dan sekarang saya sudah semester 5. Sewaktu saya semester 2 lalu, saya sempat mengikuti pendaftaran menjadi Seorang Polisi yaitu pendaftaran Brigadir Polisi Wanita. Keinginan orang tua yang menginginkan saya untuk mencoba pendaftaraan tersebut,akhirnya saya mengikuti pendaftaran untuk menjadi seorang Polwan banyak step yang harus saya jalani, demi orang tua saya menjalani itu semua. Saya lolos untuk tes pertama saat itu tes pertama adalah kesehatan, selanjutnya tes kedua yang merupakan tes psikologi awalanya tidak percaya kalau saya lolos tes kedua karena tes itu sangat susah, dan saingannya sangat banyak yaitu ribuan orang.
Awalnya dari awal pendaftaran sampai tes saya merasa kurang semangat karena pada saat itusaya sudah kuliah dan sudah semester 2, namun saat saya lolos tes kedua dijalan itu saya merasa sepertinya saya tidak boleh main-main apa yang saja jalani sekarang sayaharus bersungguh-sungguh untuk mendapatkan yang terbaik. Namun disini bukan rejeki untuk saya, saat saya menjalani tes ke tiga yaitu tes akademik saya tidak lolos. Padahal saat itu saya tanamkan kalau saya tidak boleh menjalani ini dengan setengah-setengah, namun ternyata ini bukan jalan untuk saya. Saya akan menunjukkan kepada orang tua saya bahwa saya akan memberikan yang terbaik kepada mereka. Kalaupun saya belum bisa Kuliah di Jerma dan belum bisa lolos menajdi seorang Polwan tetapi saya akan menunjukkan yang jauh lebih baik dan yang terbaik. Dan saya akan menunjukkan kalau saya akan tetap bisa kuliah di Jerman, ketika saya lulus S1 dan bekerja saya mempunyai rencana kalau saya akan melanjutkan S2 di Luar Negeri. Semoga keinginan saya bisa berjalan lancar dan saya harus lebih berusaha untuk membuat keinginan itu menjadi kenyataan.

Banyak sekali pengalaman yang saya dapat dari semenjak saya SD,SMP, SMA dan sampai sekarang saya menjadi seorang Mahasiswi. Banyak jalan yang harus dilewati untuk menuju kesuksesan,dimana saya harus melewati 6 tahun di sekolah dasar,setelah itu 3 tahun di sekolah menengah pertama dan menengah akhir. Namun alhamdulillah saya bisa melewati itu semua dengan hasil yang terbaik, banyak kunci yang miliki dan yang sudah saya jalani hingga sekarang. Kunci kesuksesan adalah ketika kalian mempunyai mimpi kejarlah mimpi tersebut dan jangan pernah berhenti untuk bermimpi,kalian boleh berhenti bermimpi saat kalian menutup mata. Dan satu hal ketika sedang menjalani apapun yakinkan hati untuk seyakin-yakinnya kalau kita bisa mendapatkan yang terbaik, jangan pernah menanamkan dirimu dengan kata ‘Ragu’ karena satu kata itu akan menghancurkan beribi-ribu mimpi mu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN