PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA

Berbicara mengenai pendidikan, kita semua pasti sudah mengetahui bahwa begitu pentingnya pendidikan bagi manusia. Dengan adanya pendidikan ini maka manusia atau seseorang dapat mempunyai pengetahuan, kemampuan, dan Sumber Daya Manusia yang tinggi.  Hal-hal tersebut menjadi salah satu modal yang paling berharga yang dapat kita miliki untuk tetap hidup di zaman yang serba sulit ini. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan, dan wawasan sangat di butuhkan dalam memulai atau melamar suatu pekerjaan. Mulai dari bangku Sekolah dasar, pendidikan yang sudah kita dapatkan.
Pendidikan menurut saya adalah sebuah nilai penting dalam kehidupan. Manusia di dunia diciptakan memiliki akal pikiran yang sehat. Peddidikan bisa berawal dari sebelum bayi lahir ke Dunia, seperti yang sering dilakukan oleh kabanyakan orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi walaupun sang bayi masih didalam kandungan.
Pentingnya pendidikan bagi kita sebagai anak anak bangsa adalah, kita hidup memiliki persaingan yang sangatlah kuat. Hidup ini bisa dibilang sangat keras bagi orang orang yang over mereka berkata “hidup ini menjatuhkan atau dijatuhkan”. Jika kita lemah dan tak berdaya kita akan dijatuhkan oleh orang orang yang kuat. Misalkan kita lemah pendidkan kurangnya ilmu yang kita dapat kita akan mudah dibodohi. Maka dari itu pendidikan itu sangatlah penting.
Pendidikan dapat dimulai dari usia dini, dimulai dari Taman Kanak-Kanak , Sekolah Dasar 6 tahun, lalu kejenjang selanjutnya yang itu Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Pedidikan yang paling singkat adalah pendidikan 9 tahun. Namun sekarang sudah jaman modern komunikasi dan teknologi semakin berkembang dan maju sangatlah pesat, dan menuntut ilmu sekarang paling rendah adalah jenjang sarjaana (S1). Dulu jenjang Sarjana sudahlah sangat tinggi namun itu semua dahulu, teknologi semakin maju itu semua berubah.  Sulitnya tersedia lapangan pekerjaan bagi yang hanya lulusan SMA, kebanyakan yang lulusan SMA hanya bekerja sebagai buruh upah yang gajinya sangatlah kecil tidak sesuai dengan kebutuhan yang semakin lama semakin mahal.
Pentingnya sebuah pendidikan bagi manusia yaitu :
·         Untuk sebuah karir dan pekerjaan, pendidikan sangat penting untuk melengkapi kita dengan berbagai macam keahlian yang akan berguna di dunia kerja serta dapat membantu kita dalam mewujudkan tujuan karir kita. Keahlian merupakan sebuah pengetahuan yang mengenai suatu bidang tertentu dan dapat membuka peluang karir kita, maka dari itu dengan adanya pendidikan yang layak dan baik maka akan membantu kita untuk mendapatkan sebuah pekerjaan dan karir yang bagus.
·         Menjadi manusia yang lebih baik dan berkarakter, pendidikan selain penting untuk karir dan pekerjaan yang bagus. Pendidikan juga penting untuk menjadikan manusia menjadi lebih baik dan berkarakter, pada umumnya pendidikan adalah dasar budaya dan peradaban. Pendidikan membuat kita sebagai manusia untuk berpikir, menganalisa, serta memutuskan. Menumbuhkan suatu karakter ke diri kita sendiri merupakan tujuan dengan adanya pendidikan,sehingga dapat menciptakan Sumber Daya Manusia yang baik.
            Namun semakin berkembangnya zaman sulit bagi manusia untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Diantaranya banyak sekali masalah-masalah dalam Pendidikan, walaupun sekarang di Negara  kita sudah ada solusinya dari pemerintah, namun terkadang itu semua belum bisa mengatasi semuanya. Karena banyaknya penduduk di Indonesia yang menjadi masalah pertama dan biaya yang sangatlah besar untuk mengatasi itu semua. Permasalahan tersebut semakin hari bukan semakin menjadi mudah untuk diselesaikan namun menjadi masalah yang sulit untuk di selesaikan, banyak faktor yang membuat pendidikan sekarang sulit di dapat bagi manusia. Faktor utama adalah Biaya,banyak manusia yang ingin mempunyai pendidikan yang layak namun tertutup dengan mahalnya biaya yang kita dapatkan dan itu menurunkan minat manusia yang ingin memiliki pendidikan yang layak. Selain faktor Biaya, Malas merupakan faktor yang paling tinggi di hadapi manusia. Karena sudah mengetahui kalau bersekolah memerlukan biaya yang mahal, mereka yang hidupnya sangat kurang membuat mereka menurunkan minat mereka untuk bersekolah dan membuat mereka lebih memilih mencari uang.

Maka dari itu kita sebagai penerus bangsa harus menuntut ilmu setinggi-tinggi nya. “Gapailah ilmu sampai ke negeri cina” itu kata pepatah. Dan kita sebagai penerus Bangsa harus wajib untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Saran saya untuk pendidikan di Indonesia harus lebih di tingkatkan kembali dari pembangunan sekolah-sekolah di setiap desa-desa di Indonesia yang terpencil,serta sarana dan prasarana yang jauh lebih baik agar membuat para penerus Bangsa ini mempunyai semangat yang kuat untuk menempuh pendidikan yang layak dan baik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN