KEBUDAYAAN KALIMANTAN BARAT

Kalimantan Barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan dan beribukotakan Pontianak. Daerah ini berbatasan langsung dengan Sarawak bagian dari Negara tetangga yaitu Malaysia. Kalimantan Barat disebut sebagai Provinsi seribu sungai, karena Provinsi ini memiliki sungai kecil dan sungai besar yang digunakan sebagai jalur utama angkutan untuk masuk kepedalaman. Indonesia memang kaya akan berbagai macam suku dan kebudayaan, khususnya provinsi Kalimantan Barat ini.
Sama seperti daerah lainnya yang ada di Indonesia, Kalimantan Barat pun memiliki kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh daerah ini. Dan kali ini saya akan mencoba menjelaskan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh provinsi Kalimantan Barat.
Kalimantan Barat memiliki banyak kesenian dan kebudayaan yang beraneka ragam, dan berikutnya beberapa kesenian dan kebudayaan yang berasal dari daerah tersebut:
·         Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang secara umum dipakai oleh masyarkat di Kalimantan Barat. Selain itu bahasa penghubung yaitu bahasa Melayu Pontianak, Melayu Sambas dan Bahasa Senganan menurut wilayah penyebarannya.
·         Selain berbagai macam Bahasa, kebudayaan Kalimantan Barat selanjutnya adalah Rumah adat Panjang Kalbar (rumah panggung). Rumah adat ini memiliki keistimewaan yang berbeda karena rumah adat ini seperti panggung, kenapa di sebut panggung karena bangunan rumah yang di dasari dengan tombak kayu yang besar dan kuat sebagai penahan atas bawah rumah. Zaman dulu rumah panggung hanya di tempati oleh para Raja atau Kesultanan Melayu, namun berkembangnya zaman rumah ini dapat ditempatkan oleh kalangan siapa saja.
·         Selain rumah adat, provinsi Kalimantan Barat juga memiliki keindahan dari pakaian adatnya yang biasa disebut King Baba untuk laki-laki dan Bibige untuk perempuan. Pakaian tersebut yang terbuat dari kulit kayu yang di proses hingga menjadi lunak seperti kain. Biasa nya pakaian adat ini digunakan dalam sebuah acara-acara khusus daerah tersebut.
·         Ada salah satu Kebudayaan Kalimantan barat salah satunya adalah Tari Zapin. Tari Zapin ini merupakan salah satu kesenian dari Kalimantan Barat yang berbentuk sebuah tarian yang artinya ungkapan tali perkenalan atau pergaulan dari masyarakat Melayu.
·         Terakhir ialah beberapa makanan tradisional Kalimantan Barat yaitu Bubur Pedas, Bubur Pedas ini merupakan makanan khas Melayu Sambas, di Kalimantan Barat. Bubur pedas ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng hingga berwarna kecokelatan, lalu di campurkan beberapa macam sayuran seperti kangkung, wortel, pakis, dan yang paling special adalah daun kesum, lalu bahan-bahan tersebut dicampurkan dengan beras dan bumbu yang sudah dihaluskan. Makanan ini biasanya di hidangkan dengan gorengan kacang dan ikan teri yang nikmat.

Itu semua merupakan beberapa Kesenian dan Kebudayaan mengenai Kalimantan Barat(pontianak) yang unik dan menawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN