PENTINGNYA BAHASA

Bahasa merupakan media yang digunakan anggota suatu kelompok sosial untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan sebagai identitas diri. Bahasa dapat menggiring kita menembus ruang dan waktu. Melalui bahasa, kita dapat memperlajari ilmu pengetahuan, sejarah, maupun adat istiadat suatu bangsa dalam masa tertentu. Bahasa mampu merekam berbagai hal tersebut dalam bentuk lisan maupun tulisan. Semua itu merupakan fungsi bahasa yang telah lama diemban oleh bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang harus diajarkan kepada siswa SD, SMP, dan SMA. Seharusnya para lulusan SMA sudah menguasai atau setidaknya mempunyai pengetahuan yang menguasai tentang Bahasa Indonesia. Namun faktanya, masih sedikit mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia secara maksimal. Pada masa kini Bahasa Indonesia mulai terkontaminasi oleh bahasa daerah maupun bahasa asing. Bahkan terdapat bahasa gaul dengan kata-kata tidak baku. Setelah munculnya teknologi komunikasi, banyak orang yang menggunakan singkatan-singkatan yang tidak baku. Alasan inilah yang membuat Depdiknas RI memutuskan untuk memasukkan Bahasa Indonesia sebagai satu mata kuliah yang wajib diajarkan di seluruh perguruan tinggi dan seluruh jurusan,dan bahasa wajib diajarkan kepada seluruh mahasiswa dengan tujuan untuk mengasah kemampuan berbahasa Indonesia dan sebagai sarana untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa. Sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita Warga Negara Indonesia (WNI) untuk menguasai dan menerapkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar, sehingga bahasa Indonesia dapat terjaga keasliannya. Di ruang lingkup kemahasiswaan dibutuhkan komunikasi yang baik dalam berinteraksi antar sesama dan dalam komunikasi tersebut digunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, apalagi berbeda suku, adat, dan daerah asal. Mahasiswa dapat belajar sikap bertutur kata dalam bahasa yang baik dalam kegiatan belajar dan mengajar.
Kenyataan ini membuat adanya peningkatan dalam penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia dalam fungsinya sebagai alat komunikasi antar sesama. Oleh karena itu mengapa pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi dianggap sangat penting dianggap sangat penting untuk diajarkan. Selain menjadi media untuk memupuk rasa memiliki, rasa mencintai, dan menumbuhkan kebanggaan untuk menggunakannya, pembelajaran ini pun dimaksudkan agar setiap mahasiswa selalu merasa memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga, membina, dan melestarikan Bahasa Indonesia.
Tujuan mata kuliah bahasa Indonesia yang diberikan kepada  mahasiswa/mahasiswi yaitu. (1) Menumbuhkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa memelihara bahasa Indonesia, (2) Menumbuhkan kebanggan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsa, (3) Menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan adanya norma bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku. Pada dasarnya mahasiswa telah memahami penggunaan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena bagaimanapun bahasa memiliki peran penting dalam proses pembangunan karakter setiap mahasiswa. Selain itu bahasa Indonesia itu penting untuk di pelajari oleh mahasiswa/mahasiswi, dikarenakan di universitas setiap mahasiswa/ mahasiswi berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kemudian, bahasa Indonesia sebagai panduan untuk penyusunan dan penggunaan tata bahasa dan dalam komunikasi ilmiah (skripsi, tesis, disertasi, dll), selain itu mempelajari bahasa Indonesia bagi mahasiswa/mahasiswi di universitas sama halnya seperti mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA, namun pembabahasan du universitas lebih spesifik dan mendalam,dan sebagian besar mahasiswa/mahasiswi masih tetap ingin mempelajari bahasa Indonesia dikarenakan agar mereka mampu bertata bahasa dengan baik dan benar. Di dalam mata kuliah Bahasa Indonesia, kita pasti mempelajari dan memahami arti pentingnya tata bahasa dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam pembuatan karya ilmiah dan sejenisnya. Dengan demikian, sangat penting untuk mengadakan mata kuliah Bahasa Indonesia di setiap perguruan tinggi selain karena bahasa Indonesia merupakan bahasa Negara kita sendiri dan sebagai bahasa pemersatu dan secara tidak langsung telah melestarikan bahasa kita.
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Ada yang membuat perbedaan yang jelas anatar sistem informasi dengan komputer sistem TIK. Hal ini berkaitan dengan tujuan pemanfaat teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dengan proses bisnis, sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya di tujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpaan, mengambil, memanipulasi, dan menampilkan) sebuah informasi. Suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan di proses sebagai bentuk dari memori sosial. Dengan demikian, sistem informasi antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. Dalam jurusan Sistem Informasi bahasa Indonesia sangat lah penting, untuk menulis sebuah data atau sebuah infomasi dibutuhkan bahasa Indonesia yang baik agar bisa dipahami di berbagai kalangan.
Dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa berfungsi sebagai wahana untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan sekecil-kecilnya, sehingga kita dapat menguasai ilmu tersebut. Penggunaan bahasa pengantar pada buku-buku yang di pakai dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi pun,banyak yang menggunakan bahasa inggris. Hal ini berbanding terbalik dengan bahasa Indonesia yang perkembangannya tak seimbang dengan perkembangan budaya masyarakatnya. Oleh sebab itu, walaupun bahasa Indonesia sudah berperan sebagai alat persatuan tetapi belum dapat berperan sebagai pengantar ilmu pengtahuan. Namun dalam jurusan sistem informasi, bahasa sangat berperan penting karena bagi mahasiswa/mahasiswi terdapat penelitian ilmiah di mana kita di latih untuk menggunakan tata cara penggunaan bahasa yang baik, untuk melakukan sebuah penciptaan aplikasi sehingga perkembangan bahasa yang kita ketahui harus di tingkat kan agar kita lebih mudah untuk kedepannya.
Hubungan bahasa Indonesia dengan Sistem Informasi sendiri yaitu manusia yang menciptakan suatu mesin komputer itu sendiri yang dianggap manusia bahwa mesin komputer itu dapat membantu dan memudahlan pekerjaan manusia, maka manusi juga menciptakan sebuah data-data yang di dalamnya merupakan sebuah informasi dan data yang di buat oleh manusia, dan di kenal dengan sebuah bahasa, sebagai interaksi manusia dengan komputer. Manfaat Bahasa Indonesia dengan sistem informasi itu sendiri saling terikat satu sama lain, karena suatu kombinasi dari tenologi informasi serta akativitas oleh mahasiswa/ mahasiswi sistem informasi yang menggunakan teknologi, untuk mendukung operasi dan manajemen merujuk kepada interaksi dengan bahasa sebagai media, cara penyampaian ucapan, pikiran dan perasaan seseorang guna sebagai alat komunikasi dalam pemanfaatan teknologi informasi.
Dalam maraknya era globalisasi masa kemajuan infomatika dan komunikasi setiap individu di tuntut untuk menyumbangkan karya kreativitasnya dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Terutama bagi kalangan mahasiswa jurusan sistem informasi yang di tuntut untuk selalu berkaya baik berbentuk tulis maupun non tulisan. Akan tetapi dalam dunia tulis dan menulis dikalangan mahasiswa masih banyak kerancuan-kerancuan yang menyimpang dari kaidahnya dalam tulisan-tulisannya. Apalagi budaya menulis sesua dengan kaidah yang sudah mulai terlupakan akibat dari kemajuan teknologi dan informatika yang bersifat instan. Sehingga tidak heran dalam kalangan mahasiswa/mahasiswi lebih menyukai copy paste dari karya orang lain ataupun membeli karya orang yang diakui sebagai karyanya. Padahal dengan kemajuan teknologi dan informatika, membuka lahan yang luas bagi manusia untuk terus berkarya dan menuangkannya dalam segala bentuk kreativitasnya.

Dalam kaitannya dengan jurusan sistem informasi bahasa Indonesia berfungsi sebagai sarana interaksi informasi dengan manusia. Sistem informasi aktivitas menyebarkan informasi yang dapat menyebarkan sebuah informasi yang dapat mejalankan pengambilan sebuah keptusan, sehingga dapat di katakan bahwa bahasa merupakan satu kesatuan dengan sistem infomasi, tanpa bahasa sistem tidak bisa berjalan dengan baik karena teknologi tidak dapat melakukan apa-apa tanpa bahasa. Pentingnya belajar bahasa Indonesia bagi seorang mahasiswa/mahasiswi di perguruan tinggi terutama di jurusan sistem informasi sangatlah penting. Tentunya dalam sebuah penulisan sangat penting untuk kita sebagai mahasiswa/mahasiswi di wajibkan menggunakan tata cara bahasa dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisannya (EYD),agar mendapatkan suatu tulisan yang baik dan benar. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya Dalam Berorganisasi

Organisasi Di Lingkungan Rumah Saya

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMIMPINAN